VISI KEILMUAN DAN TUJUAN

VISI KEILMUAN

Mengembangkan Pembelajaran dan Riset yang terkemuka untuk menghasilkan teknolog pendidikan yang mampu mengembangkan, memanfaatkan dan mengelola proses dan sumber Teknologi Pendidikan yang berwawasan lingkungan lahan basah

PENJELASAN
  1. Terkemuka memiliki makna lebih tinggi, mumpuni, dan menunjukkan kelebihan dibandingkan yang lainnya. Konteks ini berkaitan dengan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran serta riset yang lebih terarah dan memiliki kelebihan dari sisi perencanaan, proses, bentuk evaluasi, dan tindak lanjut dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Terkemuka memiliki atribut atau ciri-ciri yang menunjukkan “kelebihan” sesuatu dibandingkan yang lainnya. Pemaknaan terhadap manusia unggul yang seperti ini, lebih melihat kualitas unggul dalam dimensi teknologi pendidikan. Terkemuka merupakan perbandingan ataupun posisi relatif sesuatu yang “lebih” dibandingkan dengan yang lainnya, terutama pada kelompoknya.
  2. Mengembangkan, memanfaatkan, mengelola adalah kualitas seorang individu dalam rangka menunjukkan karakteristik tertentu yang menjadi representasi positif. Terkhususnya profesional skill untuk memenuhi standar profesi yang dibutuhkan oleh program atau jabatan khususnya pengembang teknologi pembelajaran.
  3. Proses dan sumber teknologi yang dimaksud adalah segala pengalaman dan stimulan belajar yang memfasilitasi terjadinya proses belajar, rumusan ini konsisten dimasukkan setiap Rumusan teknologi pendidikan yang dikeluarkan AECT.
  4. Berwawasan lingkungan lahan basah adalah wawasan yang berorientasikan kepada kearifan lokal (lahan basah/wetlands; daerah air rawa) yang secara geografis dapat dijadikan sebagai faktor kekuatan dan peluang prodi dalam mempromosikan dan atau mengatasi masalah kearifan lokal berwawasan lingkungan basah baik pada tingkat Regional itu sendiri maupun untuk mempromosikan dan atau mengatasi masalah yang sama pada tingkat Nasional/Internasional. Peletakkan pengetahuan lingkungan lahan basah sebagai input dalam pengembangan keilmuan teknologi pendidikan. Dalam hal ini usaha memecahkan masalah belajar perlu menempatkan lingkungan lahan basah sebagai input dalam kebijakan memfasilitasi belajar dan meningkat SDM.

TUJUAN PROGRAM

  1. Menghasilkan teknolog pendidikan yang mampu melakukan kajian teori dan praktek etis bidang teknologi pendidikan dalam rangka memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan dalam teori, model, konsep, prinsip pembelajaran, dan sumber teknologi yang sesuai dengan wawasan lingkungan lahan basah.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat dengan menerapkan hasil kajian teori dan praktek bidang teknologi pendidikan dalam rangka memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja.
  4. Menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dengan PTN/PTS di dalam dan di luar negeri, instansi-instansi pemerintah, dunia usaha, dan industri, serta lembaga- lembaga kemasyarakatan lainnya.
© 2023 Teknologi Pendidikan FKIP - UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT