Edutechnopreneurship dan Instructional Leadership menjadi rumusan profil lulusan Program Studi dan Program Magister Teknologi Pendidikan

Peserta Lokakarya Pengembangan Kurikulum Perwakilan ULM berfoto dengan Ketua APS TPI dan Pemateri (29022024)

Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) menyelenggarakan kegiatan Workshop Kurikulum pada tanggal 29 Februari-2 Maret 2024 di Surabaya yang dihadir oleh  65 ketua Program Studi S1, S2, dan S3 Teknologi Pendidikan dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia, antara lain Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Ganesa Singaraja Bali, Universitas Negeri Makasar, dll. Pada kesempatan tersebut Universitas Lambung Mangkurat diwakili oleh Koordinator dan sekretaris Program Studi serta Program Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan, yaitu Prof Dr. H. Hamsi Mansur, M.Pd., Dr. Susanti Sufyadi, S.Pd.,M.A, Mastur, M.Pd., dan Qomario, M.Pd.

Kegiatan lokakarya diawali dengan penyajian materi dari para narasumber, yakni Prof. Dr. Rudi Susilana, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan materi implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 53 tahun 2023 tentang kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran, Prof. Dedi Kuswandi, M.Pd dari Universitas Negeri Malang dengan sajian materi pengembangan standar capaian pembelajaran lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan, dan Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dari Universitas Negeri Surabaya yang menyampaikan materi pengembangan standar isi dan mata kuliah inti program studi teknologi pendidikan program sarjana, magister, dan doktor.

Peserta Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi S1, S2, dan S3 Teknologi Pendidikan di Surabaya (01032024)

Lokakarya Kurikulum berujung pada perumusan profil lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan, salah satu profil yang dirumuskan untuk jenjang S1 dan S2 antara lain adalah Edutechnopreneurship dan Instruksional Leadership.

Edutechnopreneurship dalam profil lulusan ini dimaknai sebagai kemampuan untuk mengembangkan bisnis dalam bidang teknologi pendidikan, mampu berpikir kritis untuk menghasilkan produk-produk kreatif bidang teknologi pendidikan yang edukatif, dan mampu memasarkan ke masyarakat pengguna. Profil lain dari lulusan S1 teknologi pendidikan adalah sebagai  praktisi dan peneliti bidang Teknologi Pendidikan.

Sementara itu pada profil lulusan jenjang S2 salah satunya yaitu instructional leadership dimaknai sebagai kemampuan untuk  memimpin dan bekerja sama dengan mitra untuk memberikan dukungan dan bimbingan dalam menetapkan praktik baik dalam pembelajaran/pendidikan dan pengembangan sumber daya. Profil lain dari lulusan S2 Teknologi Pendidikan adalah Pengembang Teknologi Pendidikan, akademisi, dan sebagai konsultan pendidikan.

Diharapkan dengan rumusan profil lulusan yang terkini, menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi, program studi Teknologi Pendidikan dapat meningkatkan mutu layanan untuk menghasilkan lulusan yang unggul sesuai dengan kebutuhan lulusan dan pengguna.  ( Afriandy)

© 2023 Teknologi Pendidikan FKIP - UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT